Saat ini petani kita kebanyakan bertumpu pada bahan-bahan kimia buatan seperti pupuk dan pestisida. Pola pertanian yang seperti ini masih jauh dari arti pertanian sehat. Kaitannya dengan budidaya, lahan merupakan aspek penting dalam keberlangsungan pertanian, namun minimnya lahan juga bisa menjadi pemicu kurang berkembangnya pertanian di Indonesia.

Menarik dari beberapa pernyataan tersebut, Fakultas Pertanian ingin me-sosialisasikan pergerakan pertanian sehat meliputi pertanian organik, pertanian modern yakni hidroponik dan pangan sehat.

Maka, pada Sabtu, 18 Februari 2017 dilaksanakanlah acara Pelatihan Hidroponik, Organik, dan Pangan di Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Tak kurang dari 168 siswa dan siswi smk/a se-derajat se-sidoarjo dan sekitarnya hadir dalam acara ini.

Para siswa dan siswi diberi materi tentang hidroponik, pertanian organik serta keamanan pangan oleh beberapa mahasiswa/I dari Fakultas Pertanian. Selesai mendapat materi peserta diarahkan ke lapangan dan laboratorium. Tak hanya itu, ada berbagai produk olahan mahasiswa/i Fakultas Pertanian yang dapat dinikmati di bazaar yang tersedia.