FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dirintis sejak tahun 1984. Saat ini Fakultas Pertanian memiliki 2 program studi, yakni Agroteknologi dan Teknik Hasil Pertanian (THP) baik program reguler maupun non reguler (ekstensi)

 

Prodi Agroteknologi (S1)
Terakreditasi, Nomor: 025/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010
 
Secara teoritis, program studi Agroteknologi diarahkan pada penguasaan dan kemampuan analisis bidang Agronomi yang interdisipliner. Secara praktis, program studi diarahkan untuk mengasah kemampuan aplikatif mahasiswa terkait perkembangan teknologi dibidang budidaya pertanian, semisal: mampu menerapkan teknologi pertanian modern, membuat desain kebun holtikultural berproduktifitas tinggi, membuat dan mengembangkan vegetasi tanaman dengan teknik kultur jaringan untuk meningkatkan produksi pangan, serta mengembangkan diri pada bidang wirausaha organik.

 

Lulusan prodi Agroteknologi dapat bekerja sebagai PNS (di Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Badan Pertamanan Nasional/BPN), dosen, BUMN (Bank, PTP, Pertambangan), perusahaan swasta di bidang agrobisnis, wiraswasta, produksi pupuk, benih, tanaman hias, dll.

 

Diharapkan, Prodi Agroteknologi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan teknologi budidaya pertanian yang kompetitif di pasar kerja serta memiliki kualitas iman dan taqwa dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan berdasar pada ciri khas alam sekitas; dengan sasaran tercapainya kompetensilulusan yang memiliki pengetahuan dan wawasan, serta memiliki kemampuan berpikir ilmiah, ketrampilan praktis dan pengembangan diri.