FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dirintis sejak tahun 1984. Saat ini Fakultas Pertanian memiliki 2 program studi, yakni Agroteknologi dan Teknik Hasil Pertanian (THP) baik program reguler maupun non reguler (ekstensi)
 
 
Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP-S1)
Terakreditasi, Nomor: 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010
 
 
Program studi Teknologi Hasil Pertanian diarahkan pada penguasaan dan kemampuan profesional mahasiswa dalam menciptakan produk makanan yang inovatif, berkualitas dan modern yang berdaya saing ekspor, yang diproses dengan teknologi tinggi. Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas dalam bidang Food Additive-Teksikologi, kesehatan dan keamanan makanan. Mahasiswa mampu membina, memimpin dan mengembangkan industri pangan secara mandiri dengan menerapkan  standar HACCP, CPOB dan ISO yang diakui internasional.
 
Program Studi Teknologi Hasil Pertanian UMSIDA diharapkan dapat mencetak Sarjana (S1) yang memiliki kompetensi untuk: Mengidentifikasi dan menganalisa masalah berkaitan dengan pengolahan pangan dan hasil pertanian serta mendesain metode pemecahannya; mampu merancang, mengembangkan, dan merekayasa proses dan peralatan pengolahan pangan dan hasil pertanian; mampu melakukan komunikasi dan mengelolanya dan mengembangkan organisasi dengan sistem manajemen agribisnis yang baik.
Lulusan Prodi THP dapat bekerja sebagai PNS (di dinas Perindustrian dan Perdagangan), dosen, BUMN (PTP/Perseroan Terbatas Perkebunan), pertambangan, peneliti laborat yang bekerja di perusahaan makanan dan minuman, dll